Rabu, 15 Juni 2016

KEUNGGULAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 KEUNGGULAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 

1. Menentukan jadwal dan bekerja dengan tenggat waktu

time-travel2-photo-courtesy-of-junussyndicate-on-deviantART
Hal yang paling utama di jurusan bahasa Inggris adalah memenuhi tenggat waktu. Ini bisa berarti membaca literatur sastra setebal 400 halaman dalam waktu lima hari atau melakukan riset agar dapat menulis paper sepanjang 25 halaman, kadang juga harus menyelesaikan tugas mengarang dalam waktu yang sangat singkat. Para mahasiswa jurusan bahasa Inggris akan terbiasa dalam hal mengerjakan proyek besar yang mengharuskan mereka untuk memanfaatkan waktu yang tersedia dengan sangat efisien, memenuhi tenggat waktu yang ada dan bekerja di bawah tekanan untuk menyelesaikan proyek besar maupun kecil. Hal-hal tersebut akan menjadi pengalaman yang amat sangat berguna pada saat sudah bekerja.

2. Berkomunikasi dengan jelas dan dapat menangkap ‘tone’

Social-Listening-574x270
Sekarang ini, komunikasi tertulis berarti email, SMS, Twitter, Facebook, LinkedIn, belum lagi program-program chatting lainnya. Maka kemampuan menulis adalah sangat penting. Bagaimana menulis dengan cepat, singkat dan jelas. Kelebihan para lulusan bahasa Inggris di sini adalah kemampuan mereka dalam menulis dengan benar dan tepat sasaran. Selain kemampuan menulis, mereka juga punya kelebihan dalam hal mampu menangkap ‘nada’ dalam pesan-pesan yang rata-rata pendek, dengan tepat sehingga tidak timbul salah paham. Misalnya dalam bidang komunikasi bisnis, para lulusan bahasa Inggris akan mampu menyesuaikan gaya bahasa yang mereka pakai agar selaras dengan gaya perusahaan, mereka juga mampu menangkap ‘nada’ yang tersirat dalam email dari atasan atau klien dan membalas dengan ‘nada’ yang tepat, sehingga komunikasi dapat terjalin dengan baik.

3. Berpikir kritis dan berargumentasi

bloomsposterv2-resized-600
Para lulusan jurusan bahasa Inggris dilatih untuk selalu mengkaji dan menanyakan segala hal yang mereka baca. Jarang ada ‘jawaban yang tepat’, lebih sering adalah beberapa kemungkinan jawaban yang dapat diinterpretasikan dan diperdebatkan dalam berbagai cara. “Menurut saya, kemampuan untuk membaca literatur atau apapun yang tertulis dan menganalisanya dan berpikir tentangnya dan tidak menerima segala sesuatu apa adanya adalah suatu kemampuan yang dapat dipakai dalam berbagai bidang pekerjaan,” kata Marc Goldman, direktur eksekutif di pusat karir Universitas Yeshiva. Dalam belajar untuk berargumen mengenai sebuah buku, para mahasiswa jurusan bahasa Inggris dilatih untuk memilih topik yang dapat mereka kuasai, mengatur argumentasi dan mempresentasikannya secara efektif. Ini adalah kemampuan yang akan sangat membantu dalam bidang pekerjaan apapun pada saat mereka menyajikan suatu presentasi atau mengerjakan suatu proyek.

4. Menerima kritik yang membangun atau “setuju untuk tidak setuju”

670px-Accept-Criticism-With-Grace-and-Appreciation-Step-4
Meskipun jarang ada “jawaban yang tepat” dalam jurusan bahasa Inggris, tidak berarti bahwa segala sesuatu merupakan jawaban yang benar. Kadang seorang professor tidak setuju dengan pendapat Anda atau argumen Anda dikalahkan oleh argumen rekan Anda. Goldman menyebut ini “kemampuan untuk berdebat secara sehat” dan “mengerti bagaimana orang lain berargumen tentang pendapat mereka”. Dalam hal ini para lulusan bahasa Inggris belajar bagaimana menerima kritik yang membangun.

5. Tata bahasa dan ejaan

?????????????????????????????????????????????????????????????????
Kelihatannya ini merupakan hal yang sudah pasti, tetapi pada masa ini, sangat sedikit orang yang mempunyai pengetahuan tentang tata bahasa Inggris dan kosa kata secara luas. Para lulusan bahasa Inggris suka sekali dengan kata-kata. Mereka tahu benar apa beda dari they’re/their/there dan mengapa “less” berbeda dengan “fewer”. Setiap orang pernah melakukan kesalahan dalam ejaan, tetapi Anda boleh yakin, para lulusan bahasa Inggris akan menyajikan tulisan yang bersih dari kesalahan.


Sumber : https://konsultanpendidikan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar